Rabu, 02 Maret 2016

MANFAAT DARI BENGKOANG


6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan dan Kecantikan Berdasarkan Nutrisinya
Advertisement





Bengkuang adalah sayuran yang berasal dari umbi akar yang menyerupai kentang, namun sangat besar seperti lobak coklat. Ketika dimakan mentah, ia memiliki rasa yang ringan dengan tekstur renyah, tidak seperti pir mentah. Bengkuang dapat di makan entah, ditaburi dengan garam dan air jeruk nipis. Bengkuang juga dapat digunakan dalam tumis untuk dijadikan lauk. Untuk orang dewasa dianjurkan untuk mengambilnya 2 sampai 3 cangkir sayuran untuk makan setiap hari. Berikut ini beberapa manfaat bengkoang dalam kandungan gizinya:
  1. Bengkuang merupakan salah satu sayuran dengan kandungan kalori yang sangat rendah, hanya mmeiliki 35 kalori per 100 g. Namun, phyto-nutrisi yang berkualitas tinggi, terdiri dari serat makanan, dan anti oksidan dan sejumlah mineral, dan vitamin.
  2. Bengkuang adalah salah satu sumber serat terbaik, khususnya sumber yang sangat baik dari inulin oligofructose, serat makanan larut. Bengkoang menyediakan 4,9 mg atau 13% serat. Inulin merupakan karbohidrat lembam manis namun nol kalori. Bengkoang bertindak pada metabolisme di dalam tubuh manusia yang ideal bagi penderita diabetes.
  3. Seperti dalam lobak, umbi yang segar ini juga kaya vitamin C; menyediakan sekitar 20,2 mg atau 34% dari rekomendasi harian vitamin C per 100 g. Manfaat vitamin C yang larut dalam air menjadi anti oksidan yang kuat untuk membantu tubuh mencegah radikal bebas berbahaya, sehingga menawarkan perlindungan dari kanker, peradangan, virus batuk dan dingin.
  4. Bengkoang juga mengandung sejumlah kelompok vitamin B kompleks yang berharga seperti folat, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, dan thiamin.
  5. Umbi bengkoang juga memberikan sejumlah mineral sehat yang penting seperti magnesium, tembaga, zat besi dan mangan.
  6. Bengkuang menyediakan sekitar 16 persen dari kebutuhan asam folat harian. 1 cangkir bengkoang, merupakan sumber yang cukup baik dari kalium menawarkan 195 miligram, dari jumlah yang sama seperti yang di dapatkan dalam buah persik, catatan Drugs.com. Kalium adalah zat penting untuk keseimbangan cairan dan mengontrol tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar